Tugas dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi

Sesuai dengan Peraturan Bupati Majene Nomor 44 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi,Tugas Pokok dan Fungsi Perangkat Daerah Kabupaten Majene .  Maka Tupoksi Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Majene  adalah sebagai berikut:

KEPALA DINAS Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian

KEPALA DINAS Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang memiliki tugas pokok membantu Kepala Daerah menyelenggarakan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian berdasarkan prinsip otonomi dan tugas pembantuan sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan/ atau berdasarkan ketentuan yang berlaku;Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian mempunyai fungsi : mengkoordinir, mengarahkan, membimbing, membina dan memberdayakan unsur manajemen satuan kerja perangkat daerah bidang Kominfo, Statistik dan Persandian, yang meliputi : 

  1. Perumusan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah serta petunjuk pelaksanaan, petunjuk operasional dan petunjuk tekhnis pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  2. Pengorganisasian renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  3. Pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  4. Pengendalian dan pemantauan pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  5. Evaluasi pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  6. Pelaporan hasil pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  7. Pemberian saran dan pertimbangan tekhnis kepada atasan tentang pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  8. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Unit Pelaksana Teknis;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan daerah.


SEKRETARIS

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris, mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas melakukan koordinasi dan/ atau memfasilitasi pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian yang berhubungan dengan urusan dalam organisasi meliputi perencanaan, evaluasi, pelaporan, dan pengelolaan keuangan serta pelayanan administrasi;

  1. Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), sekretaris mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan/ atau memfasilitasi unsur manajemen satuan kerja perangkat daerah bidang Kominfo, Statistik dan Persandian khususnya urusan dalam, meliputi :
  2. Bahan penyusunan RKA, DPA, dan dokumen perencanaan perumusan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah serta petunjuk pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  3. Pelaksanaan, pengorganisasian, pemantauan dan pengendalian kebijakan yang meliputi : bidang umum dan administrasi kepegawaian, penatausahaan keuangan, dan pelayanan teknis perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  4. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas pokok dan fungsi secara berkala dan periodik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada atasan;
  5. Pemberian saran dan pertimbangan teknis kepada atasan tentang pelaksanaan renstra, program kerja tahunan, program jangka panjang dan program jangka menengah pelaksanaan kewenangan bidang Kominfo, Statistik dan Persandian;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.


Sekretariat dinas Kominfo, Statistik dan Persandian terdiri dari : Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan dan Keuangan; Sub Bagian Umum & Kepegawaian. Sub bagian tersebut masing-masing dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan

  1. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan dan Keuangan mempunyai tugas pokok membantu sekretaris menyiapkan, menghimpun dan mengelolah serta melaksanakan urusan dalam organisasi khususnya penatausahaan perencanaan, evaluasi, pelaporan dan keuangan;
  2. Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan dan Keuangan mempunyai fungsi membantu sekretaris melaksanakan tatalaksana urusan perencanaan, evaluasi, pelaporan dan keuangan, meliputi :
  3. Pengkoordinasian penyelenggaraan perencanaan program dan kegiatan di lingkup dinas;
  4. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dalam lingkup dinas;
  5. Penyusunan Rencana Kerja (Renja), Renstra SKPD, RKA SKPD, DPA SKPD, penetapan kinerja, LAKIP, LPPD;
  6. Pengumpulan, pengolahan dan pengkajian data bahan evaluasi dan pelaporan;
  7. Pelaksanaan koordinasi penyusunan anggaran Dinas;
  8. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan analisis pelaporan tentang anggaran;
  9. Pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan;
  10. Pelaksanaan kegiatan penatausahaan perintah pembayaran anggaran;
  11. Pelaksanaan pembukuan dan urusan kas;
  12. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  13. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.


Sub Bagian Umum & Kepegawaian

  1. Kepala Sub Bagian Umum & Kepegawaian mempunyai tugas pokok membantu sekretaris menyiapkan, menghimpun dan mengelolah serta melaksanakan urusan dalam organisasi khususnya penatausahaan urusan rumah tangga dan kepegawaian ;
  2. Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), Kepala Sub Bagian Umum & Kepegawaian mempunyai fungsi membantu sekretaris melaksanakan tatalaksana urusan rumah tangga dan kepegawaian, meliputi :
  3. Penatausahaan surat menyurat, kegiatan pengadaan dan kebutuhan barang, perlengkapan dan tugas umum lainnya;
  4. Administrasi kepegawaian, kearsipan dan protokol, perjalanan dinas;
  5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.


BIDANG PEMBERDAYAAN MEDIA & TELEKOMUNIKASI

Bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas Dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), Kepala Bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi, meliputi:

  1.  Penyusunan rencana dan program kerja lingkup bidang Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  2. Pelayanan usaha jasa pos fila teli teknologi informatika dan komunikasi;
  3. Pemberian rekomendasi izin dan pengawasan usaha jasa titipan;
  4. Pemberian rekomendasi izin dan pengawasan penyelenggaraan Instalasi Kabel Rumah (IKR) atau Instalasi Kabel Komunikasi (IKK);
  5. Pemberian rekomendasi izin galian untuk keperluan penggelaran kabel telekomunikasi dalam satu Kabupaten;
  6. Pemberian rekomendasi izin usaha, penetapan tarif izin usaha dan jasa usaha di bidang radio dan televisi;
  7. Pemberian rekomendasi izin usaha, penetapan tarif dan jasa usaha di bidang televisi kabel;
  8. Pemberian rekomendasi izin jasa usaha pos dan jasa usaha telekomunikasi;
  9. Pelaksanaan pengujian terhadap alat perangkat pos dan telekomunikasi di daerah;
  10. Melakukan pengelolaan Retribusi pengendalian menara telekomunikasi lingkup kabupaten;
  11. Pelaksanaan pemantauan infrastruktur Teknologi Informasi;
  12. Penyusunan Kebijakan Infrastruktur TIK;
  13. Pembinaan terhadap media informasi dan kelompok komunikasi masyarakat;
  14. Melaksanakan evaluasi dan monitoring di bidang Pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  15. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  16. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.


Bidang Pemberdayaan Media & Telekomunikasi terdiri dari:  

1. Seksi Pengelolaan Media Telekomunikasi & Elektronik;

2. Seksi Pembinaan & Pengawasan Media dan Telekomunikasi;

3. Seksi Pengelolaan Infrastuktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).


Seksi Pengelolaan Media Telekomunikasi & Elektronik

Kepala Seksi Pengelolaan Media Telekomunikasi & Elektronik mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang penataan ruang media telekomunikasi & elektronik;

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pengelolaan Media Telekomunikasi & Elektronik mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang penataan ruang media telekomunikasi & elektronik, meliputi :

  1. Pelaksanaan kegiatan pengendalian dan pengawasan usaha telekomunikasi dan fasilitas frekuensi radio;
  2. Penerbitan rekomendasi izin penyelenggaraan layanan jasa dan jaringan telekomunikasi;
  3. Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi yang bersifat Lokal;
  4. Penyelenggaraan khusus dan pemasangan jaringan TV Kabel;
  5. Penerbitan rekomendasi izin usaha penetapan tarif dan jasa usaha di bidang media elektronik;
  6. Pemberian rekomendasi izin usaha penetapan tarif dan jasa usaha dan pengawasan peredaran Film, Rekaman Video dan sejenisnya;
  7. Menyiapkan kegiatan fasilitasi penyiaran radio;
  8. Melakukan pengelolaan retribusi pengendalian menara telekomunikasi lingkup kabupaten;
  9. Menyiapkan kegiatan penyusunan kajian teknis perhitungan pungutan retribusi menara telekomunikasi;
  10. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil kegiatan;
  11. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  12. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.


Seksi Pembinaan & Pengawasan Media Telekomunikasi 

Kepala Seksi Pembinaan & Pengawasan Media Telekomunikasi mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pembinaan & Pengawasan;

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), Kepala Seksi Pembinaan & Pengawasan Media Telekomunikasi mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang PSeksi Pembinaan & Pengawasan Media Telekomunikasi, meliputi :

  1. Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap jasa usaha titipan;
  2. Pelaksanaan bimbingan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan jaringan telekomunikasi yang bersifat lokal;
  3. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi terhadap kegiatan filateli;
  4. Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap pemberian rekomendasi izin usaha dan penetapan tarif jasa usaha di bidang Telekomunikasi dan Elektronika;
  5. Pelaksanaan kegiatan administrasi pemberdayaan kelompok Informasi masyarakat;
  6. Pelaksanaan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat;
  7. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil kegiatan;
  8. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.


Kepala Seksi Infrastruktur TIK  mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Infrastruktur TIK ;

Dalam menyelenggarakan tugas pokok , Kepala Seksi Infrastruktur TIK mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Infrastruktur TIK, meliputi :

  1. Pelaksanaan penyediaan sarana dan prasarana dalam mendukung implementasi e-government; 
  2. Pelaksanaan penyediaan jaringan komunikasi data Pemerintah Kab. Majene;
  3. Pelaksanaan penerapan Infrastruktur jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  4. Pelaksanaan fasilitasi pengembangan, pengendalian dan pemeliharaan Infrastruktur jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  5. Pelaksanaan penerapan Infrastruktur jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi;
  6. Penyusunan kebijakan Infrastruktur TIK;
  7. Penyelenggaraan Data Center;
  8. Peningkatan kapasitas SDM dalam pengeloaan inftrastruktur TIK;
  9. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil kegiatan;
  10. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  11. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya


BIDANG PELAYANAN MEDIA & INFORMATIKA

  1. Bidang Pelayanan Media & Informatika dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas Dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Media & Informatika.
    Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), Kepala Bidang Pelayanan Media & Informatika mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Media & Informatika, meliputi:
    1. Pelayanan informasi kepada masyarakat melalui media elektronik dan media cetak;
    2. Pembinaan terhadap media dan kelompok komunikasi masyarakat;
    3. Penyiapan fasilitas pengumpulan dan pengolahan data dalam penyusunan program;
    4. Pemantauan data statistik dan laporan hasil kegiatan;
    5. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
    6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya
  2. Bidang Pelayanan Media & Informatika terdiri dari : Seksi Pelayanan Media & Sandi; Seksi Pengolahan Data & Statistik; dan Seksi Pembinaan & Pengawasan. Seksi tersebut masing-masing dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

    Seksi Pelayanan Media & Sandi

    Kepala Seksi Pelayanan Media & Sandi mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Media & Sandi;

    Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), Kepala Seksi Pelayanan Media & Sandi mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pelayanan Media & Sandi, meliputi :

    1. Pelayanan informasi melalui Penerangan Keliling, pemutaran Film, Ceramah dan Diskusi, Anjangsana;
    2. Sosialisasi produk hukum dan kebijakan Pemerintah;
    3. Pelayanan Sound System;
    4. Penerimaan dan pengiriman sandi dan pencatatan segala kegiatan persandian, termasuk pencatatan berita/ radiogram yang bersifat rahasia untuk diserahkan kepada petugas sandi;
    5. Pengumpulan dan pengolahan data serta informasi yang berhubungan dengan bidang Sandi serta melakukan pencatatan/ agenda, berita-berita/radiogram baik yang diterima maupun yang dikirim dari Provinsi dan Pusat dan mendistribusikannya;
    6. Pemeliharaan alat-alat sandi, pengamanan terhadap informasi serta pengamanan terhadap administrasi informasi sandi dan dokumen alat-alat sandi serta pengembangan sistem dan alat-alat sandi;
    7. Pembinaan kemampuan personil sandi termasuk kesejahteraan petugas sandi;
    8. Pengaturan teknis opersional sarana komunikasi dan melakukan usaha-usaha dalam rangka meningkatkan kelancaran hubungan sandi;
    9. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
    10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.
  3. Seksi Pengolahan Data & Statistik

    Kepala Seksi Pengolahan Data & Statistik mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pengolahan data & statistik;

    Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), Kepala Seksi Pengolahan Data & Statistik mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang pengolahan data & statistik, meliputi :

    1. Pengumpulan, mengidentifikasi dan menganalisa data;
    2. Penyusunan data statistik terhadap pelaksanaan program dan kegiatan;
    3. Penyajian data statistik, modal investasi loket;
    4. Pengklasifikasian dan pengelompokan data berdasarkan jenis, materi dan sifatnya;
    5. Pengkoordinasian penyelenggaraan data elektronik;
    6. Pendokumentasian hasil-hasil pelaksanaan program dan kegiatan;
    7. Pengumpulan data APBD SKPD tahun berjalan;
    8. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
    9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

  4. Seksi Pembinaan & Pengawasan

    Kepala Seksi Pembinaan & Pengawasan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pembinaan & pengawasan;

    Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada poin (1), Kepala Seksi Pembinaan & Pengawasan mempunyai fungsi melaksanakan kegiatan di bidang Pembinaan & Pengawasan, meliputi :

    1. Pelaksanaan kajian serta pengumpulan data terhadap aspirasi masyarakat sebagai bahan umpan balik atas kebijakan Pemerintah Daerah;
    2. Pelaksanaan kegiatan administrasi pemberdayaan kelompok komunikasi masyarakat;
    3. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan memberi saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
    4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.